Senin, 26 Maret 2012

manusia dan penderitaan

Manusia Dan Penderitaan
Penderitaan adalah menanggung atau menjalani sesuatu yang sangat – sangat tidak menyenangkan yang dapat di rasakan oleh manusia. Setiap manusia pasti pernah mengalami penderitaan, baik penderitaan fisik maupun batin.
Penderitaan juga termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan manusia bertingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat tidaknya suatu intensitas penderitaan.
Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan seseorang belum tentu merupakan suatu penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energy untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.
Memang harus diakui, diantara kita dan dalam masyarakat masih terdapat banyak orang yang sungguh – sungguh berkehendak baik, yaitu prihatin melainkan berperan serta mengurangi penderitaan sesamanya, bahkan juga berusaha untuk mencegah penderitaan atau paling tidak mengurangi, serta manusia yang berusaha keras tanpa pamrih untuk melindungi, memelihara dan mengembangkan lingkungan alam ciptaan secara berkelanjutan.
Ada keinginan alamiah manusia untuk menghindari penderitaan. Tetapi justru penderitaan itu merupakan bagian yang terkandung di dalam kemanusiaannya.
Kesimpulannya :
Siapapun, dimanapun, sehebat apapun, sepintar apapun, sekaya apapun dan sebesar apapun jabatan manusia itu akan mengalami yang namanya penderitaan. Entah itu penderitaan pikiran atau harta yang semakin lama berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar